Click Here For Free Blog Templates!!!
Blogaholic Designs

Pages

Recent News


Rabu, 13 Februari 2013

Fasilitas-Fasilitas dalam Microsoft Office Excel 2007

Fasilitas-Fasilitas dalam
Microsoft Office Excel 2007


A.Formula


Fasilitas utama pada aplikasi pengolah angka adalah Formula. Faslitas ini memberikan kemudahan bagi kita untuk melakukan berbagai operasi. Operasi yang dapat dilakukan terhadap data pada aplikasi Microsoft Office Excel 2007 tidak hanya terbatas untuk bilangan. Terdapat berbagai jenis fungsi yang dapat digunakan untuk melakukan operasi terhadap data selain bilangan. Fungsi-fungsi tersebut dapat digolongkan menjadi beberapa kategori antara lain :
1.Financial Functions : digunakan untuk perhitungan-perhitungan yang berkaitan dengan keuangan.
2.Date and Time Functions : digunakan untuk operasi-operasi yang berkaitan dengan tanggal & waktu.
3.Math and Trig Functions : digunakan untuk operasi fungsi matematis & fungsi trigonometri.
4.Statistical Functions : digunakan untuk menangani permasalahan-permasalahan statistik.
5.Lookup and Reference Functions : digunakan untuk operasi yang melibatkan data pada tabel lain.
6.Database Functions : digunakan untuk operasi yang digunakan untuk baris data.
7.Text Functions : digunakan untuk operasi yang berkaitan dengan teks.
8.Logical Functions : digunakan untuk operasi logika.
9.Information Functions : digunakan untuk operasi yang berkaitan dengan informasi pada dokumen.
10.Engineering Functions : digunakan untuk operasi yang berkaitan dengan bidang teknik.
11.Cube Functions : digunakan untuk operasi-operasi yang berkaitan dengan bilangan kubik.

B.Chart


Chart merupakan fasilitas pada aplikasi pengolah angka yang digunakan untuk menyajikan data dalam bentuk diagram. Pada aplikasi Microsoft Office Excel 2007, terdapat berbagai tipe diagram untuk menampilkan data, seperti diagram kolom, diagram lingkaran, diagram garis, & sebagainya. Diagram tersebut dapat ditampilkan secara 2D & 3D

C.Sort


Dengan menggunakan aplikasi pengolah angka Microsoft Office Excel 2007, data dapat diurutkan berdasarkan kriteria tertentu. Pengurutan data (sorting) merupakan hal yang sangat penting ketika kita bekerja dengan data terurut. Bayangkan jika kita harus mengurutkan data secara manual, untuk data kecil, pengurutan data secara manual memang tidak terlalu merepotkan, namun untuk data besar, tentu hal ini menjadi permasalahan yang sulit.

D.FIlter


Filter merupakan fasilitas pada aplikasi pengolah angka yang digunakan untuk menyaring data. Kita dapat menampilkan data-data yang memenuhi kriteria tertentu saja dari semua data. Dengan adanya fasilitas ini, kita dapat menganalisa data dengan lebih cermat, baik pada keseluruhan data maupun hanya pada bagian-bagian tertentu saja.

E.Picture, Drwaing, ClipArt, dan SmartArt


Aplikasi Microsoft Office Excel 2007 memberikan faslitas berupa Picture, Drawing, ClipArt, & SmartArt, seperti pada aplikasi Microsoft Office Word 2007. Dengan fasilitas ini, kita dapat menyisipkan objek gambar berupa Drawing, ClipArt, SmartArt, maupun gambar dari file pada dokumen yang kita kerjakan.

F.WordArt


Objek WordArt juga dapat kita sisipkan pada dokumen Microsoft Office Excel 2007. Kita juga dapat menerapkan beberapa pengaturan WordArt pada aplikasi Microsoft Office Excel 2007 seperti pada Microsoft Office Word 2007.

G.AutoRecover

Microsoft Office Excel 2007 juga menyediakan fasilitas AutoRecover seperti pada aplikasi Microsoft Office Word 2007. Fasilitas ini, berfungsi menampilkan kembali dokumen yang menutup dengan sendirinya, tanpa melalui prosedur. Dokumen tersebut ditampilkan kembali ketika kita menjalankan aplikasi. Isi dokumen ditampilkan seperti pada saat terakhir kali aplikasi menyimpan secara otomatis.

H.Find and Replace


Find and Replace digunakan untuk mencari data dan menggantinya dengan data yang baru. Fasilitas ini memungkinkan kita untuk mencari maupun mengganti data pada dokumen. Namun, kriteria pencarian tidak sekompleks seperti pada aplikasi Microsoft Office Word 2007.

I.Spelling and Grammar


Kita dapat mengecek ejaan & tata bahasa pada Microsoft Office Excel 2007 dengan memanfaatkan fasilitas Spelling and Grammar. Fasilitas ini sama seperti fasilitas Spelling and Grammar pada aplikasi Microsoft Office Word 2007.

J.Data Eksternal

Aplikasi Microsoft Office Excel 2007 dapat digunakan untuk mengambil data dari aplikasi lain seperti Microsoft Acces, dokumen teks, SQL server, dan sebagainya. Hal ini memudahkan kita pada saat kita memerlukan data dari aplikasi-aplikasi tersebut. Kita tidak perlu lagi mengetikkan data satu per satu. Kita cukup meng-import data tersebut ke dalam dokumen Microsoft Office Excel 2007. Selanjutnya, kita tinggal mengolah data sesuai dengan kebutuhan kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Hey. I Arie Dharma. Thank you for visiting my blog. Please guys read the article on this blog and give comments.



Free Apple TM ani Cursors at www.totallyfreecursors.com